nelwati

Sebagai seorang guru matematika di SMPN 1 BINTAN KEPRI, menulis merupakan keinginan yang lama sudah terpendam dari semenjak aku kecil. Ketika muncul keinginan u...

Selengkapnya

SMPN 1 BINTAN BERKARYA

Paparan panjang lebar dari bapak EKO PRASETYO selaku PEMIMPIN REDAKSI MEDIA GURU tentang berjodoh dengan buku, penulis terinspirasi untuk membuat buku dengan target dalam 1 bulan ini dengan tema buku profil SMPN 1 Bintan Kecamatan Bintan Propinsi Kepulauan Riau.

Siapa sasaran pembaca yang penulis tuju?, tentunya jawabn yang pertama sekali adalah guru-guru dan siswa di SMPN 1 Bintan Kecamatan Bintan Propinsi Kepulauan Riau selaku pelaksana sekolah adiwiyata mandiri. Penulisan buku ini tidak luput dari pengawasan dinas pendidikan kabupaten Bintan dan dinas pendidikan propinsi Kepulauan Riau serta instansi lain yang terkait.

Kenapa penulis memilih tema profil SMPN 1 Bintan Kecamatan Bintan Propinsi Kepulauan Riau? penulis terpicu oleh keinginan dan semangat kepala sekolah serta masyarakat sekolah yang sangat antusias memajukan sekolah melalui adiwiyata dengan salah satu program kegiatannya adalah literasi sekolah.

Sekolah merasa kebingungan buku apa yang harus dibaca siswa dalam waktu hanya 15 menit. Untuk menyempurakan kegiatan literasi sekolah tersebut penulis ingin mengajak guru-guru serta siswa untuk mewujudkan menulis buku yang nantinya buku guru dan siswa itu yang dibaca dlam 15 menit oleh siswa. Tentu saja buku itu harus menarik dan lama diingatan siswa sehingga dengan mudh siswa menuturkan kembaki di depan kelas. Dengan demikian secara tak langsung semua guru dan siswa terlibat aktif dalam menulis. semakin tingkat menulis buku semakin tinggi peluang guru untuk lebih kreatif.

Data tentang semua kegiatan yang sudah pernah dilakukan daam kegiatan literasi sekolah dan kegiatan adiwiyata boleh dibilang sudah mendekati lengkap dimiliki oleh SMPN 1 Bintan, yang menjadi pokok permasalahnya sekarang adalah bagaimana membangkitkan upaya menulis dari guru dan siswa, hal yang menjadi masalah bagi penulis belum punya ilmu bagaimana cara menuangkan data yang sudah ada ke dalam bentuk tulisan. Ini lah motivasi penulis mengapa mengikuti sagusabu yang dilaksanakan oleh media guru di kemendikbud Jakarta tanggal 5-6 Mei 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali